Posted by WINNER SITORUS,BDA in
Business Strategy
Seorang pemilik sebuah toko barang elektronik yang cukup besar di pasar kota dan ramai dikunjungi pembeli sempat berbincang-bincang mengenai internet dan dia menegaskan tidak tertarik dengan dunia maya ini serta tidak akan pernah menginvestasikan uangnya untuk membuat sebuah situs web (web site) atau biasa kita salah kaprah menyebutnya homepage. Lain halnya dengan salah seorang kenalan yang berprofesi sebagai konsultan pajak, beranggapan bahwa sebuah personal homepage cukup perlu buat dia. Kantornya terletak di sebuah kompleks perumahan yang bisa dibilang jauh dari pusat kota. Saat ini dia sudah mulai familiar dengan internet dan mempunyai alamat email. Siapa Saja Yang Butuh? Bila usaha anda saat ini mampu menangani jumlah kebutuhan pelanggan dan anda cukup puas dengan kuantitas pelanggan anda seperti sekarang ini serta tidak tertarik untuk memperluas usaha dan pasar anda, anda tidak akan memerlukan sebuah situs web. Juga bila anda tahu pelanggan maupun calon pelanggan anda tidak mempunyai akses internet maupun “gatek” (gagap teknologi) sudah gamblang anda tidak perlu punya situs web. Bagi perusahaan yang mempunyai ekspansi pasar yang cukup luas dan berkeinginan untuk berkembang dengan pemasaran dan layanan pelanggan yang memuaskan, kehadirannya di dunia online merupakan strategi yang sangat bagus. Namun sebuah bisnis yang berorientasi lokal pun seperti jasa perbaikan mobil dan motor, salon kecantikan, persewaan VCD juga akan dapat mengambil keuntungan besar dari sebuah situs web. Dengan sebuah situs web yang sederhana calon pelanggan dapat memperoleh informasi selama 24 jam sehari, baik tentang profil bisnis, daftar layanan maupun promosi produk baru dan penawaran khusus. Singkatnya, bila usaha anda ingin lebih berkembang dan mendatangkan pelanggan lebih banyak, sebaiknya wujudkan kehadiran anda secara online. Situs Web Sebagai Alat Pemasaran Anggapan bahwa situs web hanya cocok dan diperlukan untuk perusahaan besar adalah salah. Dengan hadir di dunia online merupakan sebuah kesempatan bagi usaha kecil menengah bersaing dengan perusahaan besar, usaha anda akan nampak lebih modern dan terpercaya. Buatlah konsep yang baik untuk disain situs web anda dan tak lupa juga dukungan mekanisme dan prosedur yang sesuai dengan usaha anda di dunia offline. Saat hadir di dunia online perusahaan kecil dapat tampak seperti perusahaan besar, dan sebaliknya perusahaan besar bila tidak didukung disain dan konsep yang baik, akan berkesan seperti perusahaan yang tidak profesional. Sebagai contoh adalah Monroe’s Pen Shop, Inc. www.penshop.com sebuah toko pena antik di Pennsylvania yang memutuskan memasuki dunia online dengan berawal dari situs web yang didisain sendiri oleh pemiliknya. Kemudian melalui konsep dan strategi pemasaran online yang tepat, pendapatan pertahunnya sekarang mencapai $250,000 ! Beberapa hal dari usaha yang akan terbantu dengan adanya situs web adalah : :: Pelanggan ataupun calon pelanggan mudah menemukan lokasi usaha, toko ataupun nomer telephon anda. :: Informasi yang cepat dan praktis mengenai produk dan layanan anda. :: Jumlah tenaga pemasaran yang efektif dikarenakan pelanggan tidak perlu harus membuat janji dengan sales anda untuk memperoleh informasi produk. :: Membangun hubungan dengan pelanggan dengan program seperti penawaran khusus, kuis dan kontes secara online. Tak pelak lagi, bila usaha anda ingin berkembang, keputusan menanamkan investasi untuk sebuah situs web yang sederhana merupakan langakah yang bijak bagi bisnis
No Response to "Apakah Perlu membangun Website?"
Posting Komentar