Strategi blog + manajemen di mata GOOGLE

3 komentar
saya menyebutkan, membangun blog yang tangguh nan bermutu adalah sebuah marathon, bukan sprint. Disana dibutuhkan sejenis endurance dan stamina yang panjang untuk mampu menghadirkan tulian bermutu secara konsisten.
Tentu saja, Blog Strategi + Manajemen juga mencoba untuk terus melakoni proses marathon itu : terus berikhtiar mendistribusikan pengetahuan kepada sebanyak mungkin pembacanya. Dan beruntung, proses itu acap kali mendapatkan topangan dari sang rakasa mesin pencari bernama Google.
Kita semua tahu, kini Google telah menjadi pintu gerbang utama bagi jutaan umat manusia dalam memasuki bentangan luas sang jagat maya. Setiap hari, jutaan kata kunci diketikkan dalam papan Google, dan dari sanalah setiap insan kemudian berselancar, menjelajah dan memetik sejumput informasi yang menjuntai dalam belantara online.
Itulah mengapa kini ada sebuah ilmu yang disebut search engine optimazion (SEO). Atau sebuah siasat agar bagaimana website atau blog kita bisa selalu nangkring pada halaman pertama hasil pencarian Google; terutama untuk kata kunci yang banyak dicari orang. Sebab begitu blog atau website kita bisa muncul pada halaman pertama Google (atau bahkan peringkat pertama), maka saat itulah sebuah website bisa terus berkibar menjaring ribuan pengunjung (yang masuk ke web kita melalui pintu Google).
Lalu, bagaimana reputasi dan posisi Blog Strategi + Manajemen ini di mata sang raksasa Google? Quite impressive, saya kira (sorry, agak sedikit narsis….hehehehe).
Cobalah Anda ketikkan kata kunci “manajemen”, atau “strategi bisnis” atau “standard gaji” melalui Google.co.id, maka secara konsisten blog ini selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian. Padahal kita tahu tiga kata kunci itu merupakan “high quality keywords” atau kata kunci yang paling sering dicari orang ketika mereka hendak mencari informasi mengenai ilmu manajemen, karir dan strategi bisnis.
Demikian pula, blog ini selalu berada para halaman pertama hasil pencarian Google untuk sejumlah kata kunci lain yang banyak dicari orang lainnya seperti : blue ocean strategy, talent management, customer service, training ESQ dan lain-lainnya.
Itulah mengapa puluhan ribu orang datang ke blog ini setiap bulannya karena bantuan dari mesin pencari Google. Disini Google telah berperan membimbing ribuan orang untuk menemukan situs yang tepat, informatif dan senantiasa menyajikan pengetahuan yang kaya mengenai beragam topik bisnis dan manajemen. Website itu kebetulan bernama Blog Strategi + Manajemen…..:)
Ada satu catatan kecil yang ingin saya garisbawahi dari fenomena ini. Saya selalu membayangkan, untuk beragam kata kunci yang erat kaitannya dengan strategi bisnis dan manajemen itu, mestinya banyak website sekolah bisnis di tanah air yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Sekolah bisnis seperti punya Prasetya Mulya, MM UI, Binus Business School, ataupun IPPM.
Logikanya sederhana : bukankah mereka adalah gudang pengetahuan dan informasi mengenai ilmu manajemen dan strategi bisnis? Bukankah iklan mereka selalu menyuarakan bahwa mereka selalu menyajikan pengetahuan mutakhir mengenai dinamika bisnis modern, dan selalu menyiapkan para pesertanya untuk responsif terhadap era informasi online?
But see, begitu ribuan orang mengetikkan kata kunci “strategi bisnis”, tak satupun website sekolah bisnis (yang katanya keren itu) muncul di halaman pertama Google, dan sorry, kalah peringkatnya dibanding blog yang sedang Anda baca ini.
Ada dua kemungkinan penyebabnya. Yang pertama, para pengelola sekolah bisnis itu gagal memanfaatkan kekuatan Google untuk menebarkan brand dan pengetahuan mereka (dan sungguh dalam era digital seperti sekarang, kenyataan seperti ini sungguh terasa pahit. Apalagi jika mengingat bunyi iklan-iklan mereka yang sungguh heroik itu…..).
Yang kedua, benar apa yang dibilang dalam buku the World is Flat itu. Dalam era web 2.0 seperti sekarang ini, seorang individu secara solo – hanya dengan senjata sebuah blog – bisa lebih dominan dibanding institusi besar dan mapan seperti sekolah bisnis yang megah itu (dan o ya, mereka juga dikelola oleh ratusan pakar manajemen yang pintar). Dengan kata lain, dalam era flat world, seorang individu bisa menjadi independent publisher (melalui blog), dan memberikan jejak yang amat ekspansif dalam proses distribusi informasi dan pengetahuan.
Melalui bantuan Google, blog ini telah mencoba menebarkan serpihan pengetahuan dan informasi kepada sebanyak mungkin audiens. Dengan cara ini, Google sejatinya telah memberikan peran amat penting dalam membangun peradaban pengetahuan.
Jadi benarlah sebuah slogan yang berbunyi seperti ini : Google – A Journey to Expand Your Knowledge Starts Here.
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

3 Response to Strategi blog + manajemen di mata GOOGLE

18 September 2011 00.15

strateginya mana mas???
ko dalam artikel di atas saya tidak menemukan, strategi yang harus dilakukan seperti judul artikelnya (strategi blog)!

yang ada cuma penyebab kegagalan suatu institusi.

27 Maret 2013 04.07

Masuk akal :)

23 Juni 2015 20.14

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Posting Komentar